Perilaku Mahasiswa Dalam Pembelajaran Yang
Menggunakan TIK
Teknologi
komunikasi dianggap mencakup pengertian yang luas, termasuk sistem, saluran,
perangkat keras dan perangkat lunak dari komunikasi modern. Sedangkan teknologi
informasi merupakan bagian dari pengertian teknologi komunikasi. Darmawan
menjelaskan bahwa Teknologi informasi adalah ilmu yang diperlukan untuk
mengelola informasi agar informasi tersebut dapat dicari dengan mudah dan
akurat. Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diolah. Data atau
informasi tersebut dapat berupa tulisan, suara, gambar, video dan sebagainya.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan
istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar
terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan
menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan
teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan
dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan
informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan
dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari
perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan
teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi
Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan
informasi antar media.
Kehadiran TIK akan
memperkuat model pembelajaran yang berpusat pada pelajar di samping yang sudah
berkembang secara konvensional. Ini sebagaimana diramalkan oleh Wrigley bahwa
pada saatnya ketika datang era informasi, peran tenaga pendidik akan berkurang
seiring makin pesatnya penggunaan komputer berbasis jaringan sebagai sumber
ilmu pengetahuan. Kehadiran TIK bagi sebagian kalangan akan memberi jawaban
terhadap persoalan pendidikan, misalnya menambah kekayaan media pembelajaran
dari yang sudah ada. sementara menurut penelitian dari PBB, Indonesia menempati
urutan ke 106 dari 180 negara yang disurvay dalam hal penggunaan IT. Namun
penelitian di Amerika sendiri menyatakan bahwa di negara pusat teknologi ini
juga tidak merata dalam penggunaan IT dalam pendidikan.
Dalam menghadirkan
fungsi teknologi asas praktis, efektif dan efisien menjadi acuan utama. Artinya
kalau kehadirannya justru menyulitkan dan menambah beban materi dan waktu maka
kehadiran TIK justru tidak ada gunanya. Namun rasanya hal ini tidak akan
terjadi di era informasi ini. Di mana perangkat komunikasi nirkabel sudah
merambah sampai ke pelosok pedesaan. Kehadiran teknologi ini harus digunakan
sebaik-baiknya dengan pengelolaan yang tepat. TIK yang sudah menyatu
kehadirannya dengan masyarakat menjadi sesuatu yang harus dimuati nilai baik.
Maka tugas tenaga pendidik untuk menangkap kehadiran TIK ini menjadi sesuatu
yang positif dan berdaya guna bahkan menjadi bernilai ekonomis (ergonomis).
Fungsi Teknologi Informasi
Dan Komunikasi
Fungsi Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran,
yaitu:
1. Teknologi berfungsi
sebagai alat, dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna
(user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata,
mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program
administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keuangan dan
sebagainya.
2. Teknologi berfungsi
sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari
disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer
dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika,
manajemen informasi, dan ilmu komputer. Dalam pembelajaran di sekolah sesuai
kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus
dikuasi siswa semua kompetensinya.
3. Teknologi berfungsi
sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran. Dalam hal ini teknologi
dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk
menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah
diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan
menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. Dalam hal
ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai :
fasilitator, motivator dll.
Dampak dari TIK
Selain
membawa manfaat yang besar, teknologi informasi dan komunikasi (TIK) juga
mempunyai pengaruh buruk yang besar pula pada perkembangan generasi anak
bangsa. Saat ini perangkat yang paling mempengaruhi anak pelajar Indonesia
antara lain: Komputer Handphone Mp4 player Game console dan Media tontonan
seperti televise dan film Namun kali ini kita akan bahas salah satu diantaranya
yaitu pengaruh buruk teknologi komputer. Pengaruh positif atau negatif yang
bisa muncul dari alat tersebut tentu saja lebih banyak tegantung dari
pemanfaatannya. Apalagi generasi anak bangsa dibiarkan menggunakan komputer
sembarangan, pengaruhnya bisa menjadi negative.
menurut saya
perilaku atau sikap atau respon mahasiswa dalam pembelajaran dengan menggunakan
tik itu sangat baik( positif ). hal ini dapat di lihat dari antusias para
mahasiswa yang begitu semangat, aktif, kreatif dan inovatif dalam pembelajaran
menggunakan tik.
hal itu dapat di lihat dari semangat belajar mahasiswa , dari keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan tik. sebagai contoh, yaitu tugas untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan tik, dapat di lihat bahwa setiap mahasiswa tidak ada satupun tugasnya yang tidak bagus, kebanyakan dari mereka sangat kreatif, berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.
hal itu dapat di lihat dari semangat belajar mahasiswa , dari keaktifan mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran menggunakan tik. sebagai contoh, yaitu tugas untuk membuat media pembelajaran dengan menggunakan tik, dapat di lihat bahwa setiap mahasiswa tidak ada satupun tugasnya yang tidak bagus, kebanyakan dari mereka sangat kreatif, berlomba-lomba untuk menjadi yang terbaik.
Kesimpulan
Seiring dengan
kemajuan teknologi yang mengglobal telah mempengaruhi dalam segala aspek
kehidupan baik dibidang ekonomi, politik, kebudayaan seni dan bahkan di dunia
pendidikan. Peranan teknologi informasi pada aktivitas manusia pada saat ini
memang begitu besar, terutama dalam proses pembelajaran.
Perkembangannya yang sangat cepat dan pesat
menuntut semua komponen lembaga pendidikan harus mampu mengejarnya, tak
terkecuali tenaga pendidik. Kehadiran TIK akan memperkuat model pembelajaran
yang berpusat pada pelajar di samping yang sudah berkembang secara
konvensional.
Menurut
Rosenberg, dengan berkembangnya penggunaan TIK ada lima pergeseran dalam
proses pembelajaran yaitu: (1) dari pelatihan ke penampilan, (2) dari ruang
kelas ke di mana dan kapan saja, (3) dari kertas ke “on line” atau saluran, (4)
fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja, (5) dari waktu siklus ke waktu
nyata.Komunikasi sebagai media pendidikan dilakukan dengan menggunakan
media-media komunikasi seperti telepon, komputer, internet, e-mail,
dan sebagainya.
Selain menghasilkan dampak yang positif TIK juga memiliki dampak negatif yang
besar pengaruhnya untuk anak bangsa, sadar atau tidak sadar teknologi informasi
dan komunikasi telah membawa perubahan besar terhadap generasi penerus bangsa,
hanya tinggal kita yang bisa atau tidak membawa perubahan itu ke arah yang
positif atau negatif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar